Kamis, 06 Oktober 2011

PENGERTIAN ORGANISASI

Pengertian organisasi menurut wikipedia : Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah unt tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen.[1] Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies),perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisa organisasi (organization analysis)


Menurut para ahli :


  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama 
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama 
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih 
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan 


     Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran

organisasi menurut saya adalah tempat atau wadah berkumpul masyarakat yang di dalamnya terdapat sebuah kesatuan yang mengikat antar anggota,dan setiap anggota memiliki kesamaan dalam suatu hal tertentu sehingga terbentuk sebuah organisasi. sebuah organisasi yang baik harus memiliki struktur keanggotaan yang jelas juga diperlukan partisipasi dari setiap anggotanya untuk membangun organisasi tersebut.

Menuruth Keith Davis ada tiga unsur penting partisipasi:

  1. Unsur pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah. 
  2. Unsur kedua adalah kesediaan memberi sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan kelompok. Ini berarti, bahwa terdapat rasa senang, kesukarelaan untuk membantu kelompok. 
  3. Unsur ketiga adalah unsur tanggung jawab. Unsur tersebut merupakan segi yang menonjol dari rasa menjadi anggota. Hal ini diakui sebagai anggota artinya ada rasa “sense of belongingness”.

Jenis-jenis

  1. Pikiran (psychological participation)
  2. Tenaga (physical partisipation)
  3. Pikiran dan tenaga
  4. Keahlian
  5. Barang
  6. Uang


contoh organisasi :
Organisasi politik
Organisasi sosial
Organisasi mahasiswa
Organisasi olahraga
Organisasi sekolah
Organisasi negara

ORGANISASI YANG PERNAH DI IKUTI

Banyak organisasi yang pernah saya ikuti beberapa di antaranya saya aktif berpartisipasi namun ada juga beberapa organisasi yang saya tidak aktif berpartisipasi.
Beberapa organisasi yang pernah saya ikuti:

  • OSIS. alasannya : ketika masih SMP saya ingin aktif berorganisasi dan mengasah kemampuan leadership agar ketika kelak terjun kemasyarakat saya sudah memiliki modal atau kemampuan dasar dalam berorganisasi 
  • Pencinta alam. alasannya : dengan mengikuti organisasi pencinta alam saya berharap agar bisa lebih mencintai alam ciptaan tuhan dan agar lebih mengenal diri sendiri,karena saat berada di alam liar kita akan tahu siapa dan seperti apa karakter kita sesungguhnya.juga untuk menambah wawasan dan teman 
  • Karangtaruna.alasannya : dengan mengikuti karangtaruna kita dapat belajar bagaimana cara berorganisasi dalam lingkup yang paling sederhana yaitu lingkungan rumah. 
  • Organisasi kepemudaan.alasannya: dengan mengikuti organisasi kepemudaan seperti pemuda pancasila dan organisasi lainnya agar menambah wawasan dan teman,juga menambah pengalaman. 
itulah beberapa organisasi yang pernah saya ikuti. apakah organisasi di atas berpengaruh dalam kehidupan? jawabannya tentu saja IYA ! semakin banyak kita mengikuti organisasi yang positif akan semakin banyak pengalaman dan teman yang kita dapatkan.bukan hanya itu tapi kita juga bisa membangun karakter diri, karena pembentukan karakter dimulai di usia muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar