Ada kesalahan di dalam gadget ini

Selasa, 11 Oktober 2011

MACAM-MACAM ORGANISASI DARI SEGI TUJUAN

3 jenis organisasi yang memiliki tujuan berbeda



  • OSIS

     Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah.
Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS. 

LATAR BELAKANG BERDIRINYA:
     Tujuan nasional Indonesia, seperti yang tercantum pada Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, adalah melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dan secara operasional diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
     Pembangunan Nasional dilaksanakan di dalam rangka pembangunan bangsa Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. Pembangunan pendidikan merupakan bagian dari Pembangunan Nasional. Di dalam garis-garis besar haluan Negara ditetapkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila, bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
     Garis-garis Besar Haluan Negara juga menegaskan bahwa generasi muda yang di dalamnya termasuk para siswa adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945.
     Mengingat tujuan pendidikan dan pembinaan generasi muda yang ditetapkan baik di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 maupun di dalam garis-garis besar Haluan Negara amat luas lingkupnya, maka diperlukan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang merupakan jalur pendidikan formal yang sangat penting dan strategis bagi upaya mewujudkan tujuan tersebut, baik melalui proses belajar mengajar maupun melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler.

OSIS hanya terdapat di sekolah saja,yaitu di SMP dan SMA/SMK atau yang setara
LAMBANG: 





  • ORGANISASI PECINTA ALAM
     Organisasi pecinta alam adalah organisasi yang bergerak di bidang alam,seperti lintas hutan,pendakian gunung, lintas sungai,dan kegiatan lainnya yang bergerak di bidang serupa.
Organisasi pencinta alam adalah organisasi yang menghimpun pencinta alam sebagai anggotanya. Persyaratan yang harus dipenuhi sebagai organisasi pencinta alam di Indonesia :
• Azas Pancasila.
• Menjadikan kode etik pencinta alam sebagai landasan hubungan.
• Tujuan tidak bertentangan dengan perundang-undangan yang ada.
• Ada alamat tetap dan bisa dihubungi.
• Ada AD/ART dan anggota minimal 20 orang.
• Ada nama dan lambang organisasi yang jelas.
• Tidak merupakan anak atau bawahan dari salah satu organisasi politik praktis.
• Ada pengakuan dari pihak lain.


     Dalam mencintai alam bukanlah sekedar mengagumi, apalagi mengikis habis dan merusak alam. Mencintai alam mengundang perasan kita untuk kagum, hormat, mengambil manfaat dari adanya alam itu dengan mempertimbangkan untung ruginya baik bagi alam maupun bagi manusia. Perasaan dan untuk memelihara hubungan harmonis manusia dengan alam.
Hal prinsip yang perlu di perhatikan dalam melakukan tindakan mencintai alam :
1. Mengagumi , menyenangi, menyayangi alam.
2. Menjaga, memelihara, pempertahankan dan memperbaiki alam sebatas kemampuan dan sesuai kebutuhan.
3. Memanfaatkan, mengambil makna dan hasilyang di butukan dari alam dengan tidak meninggalkan jejak yang negative.
4. Menyadari, menghayati dan mengamalkan sepenuuhnya kerja sama antara sesama komponen alam yang saling menguntungkan.
Dengan memperhatikan kriteria tersebut maka dapatlah dibedakan tindakan yang mencintai alam dan yang tidak.
     pencinta alam adalah organisasi yang luas,dalam artian organisasi tersebut tidak hanya ada di lingkungan tertentu tetapi bisa ada di sekolah,kampus maupun di masyarakat.
LAMBANG:






  • ORGANISASI POLITIK

     Organisasi politik adalah organisasi atau kelompok yang bergerak atau berkepentingan atau terlibat dalam proses politik dan dalam ilmu kenegaraan, secara aktif berperan dalam menentukan nasib bangsa tersebut. Organisasi politik dapat mencakup berbagai jenis organisasi seperti kelompok advokasi yang melobi perubahan kepada politisi, lembaga think tankyang mengajukan alternatif kebijakan, partai politik yang mengajukan kandidat pada pemilihan umum, dan kelompok teroris yang menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuan politiknya. Dalam pengertian yang lebih luas, suatu organisasi politik dapat pula dianggap sebagai suatu sistem politik jika memiliki sistem pemerintahan yang lengkap.
Organisasi politik merupakan bagian dari suatu kesatuan yang berkepentingan dalam pembentukan tatanan sosial pada suatu wilayah tertentu oleh pemerintahan yang sah. Organisasi ini juga dapat menciptakan suatu bentuk struktur untuk diikuti.
 CONTOH LAMBANG:



TUJUAN & MANFAAT DARI ORGANISASI-ORGANISASI TERSEBUT

  • OSIS 
tujuan:
1. Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa
2. Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat
3. Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam kontek kemajuan budaya bangsa
4. Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi.
5. Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis.
6. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistic, budaya dan intelektual.
7. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Manfaat :

  1. siswa-siswi dapat mempelajari cara ber-organisasi dan mengasah kemampuan leadership mereka
  2. siswa-siswi dapat mempelajari hal positif lainnya seperti cara berbicara di depan umum dengan baik, dan belajar bertanggung jawab
  3. siswa-siswi juga dapat terhindar dari persoalan yang biasa mengancam remaja seperti narkoba dan tauran karena waktu mereka di isi untuk hal positif

ORGANISASI PECINTA ALAM

tujuan:

  1. agar manusia lebih mencintai dan menghargai alam ciptaan tuhan
  2. menyadarkan manusia betapa pentingnya menjaga alam
  3. mendidik manusia untuk saling bergotong-royong
manfaat :

  1. dapat memupuk rasa dan jiwa patriotisme
  2. membentuk karakter menjadi lebih baik
  3. lebih mengenal alam 
  4. mempunyai insting serta kemampuan bertahan hidup yang lebih baik
  5. mendapat pengalaman sebagai pembelajaran untuk kehidupan sehari-hari
  6. memperkuat mental
  7. sehat secara jasmani
  8. mempunyai fisik yang kuat dan terlatih

ORGANISASI POLITIK

TUJUAN:

  1. untuk turut berpartisipasi dalam kancah politik negara
  2. membentuk sistem politik dalam negeri
manfaat:

  1. dapat mempelajari ilmu politik
  2. bisa di jadikan sebagai pekerjaan
  3. bisa turut serta memberikan kontribusi dan ide-ide positif  






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar