Minggu, 28 November 2010

BELAJAR VB YUK !


kali ini saya akan membuat postingan tentang vb,sebelumnya saya harap anda sudah pernah mengenal vb (visual basic) karena saya tidak akan menjelaskan lagi apa itu vb,jika memang belum tau silakan cari sendiri di mbah google...hehehe :p

MEMBUAT KALKULATOR PADA VISUAL BASIC

Jika anda kebetulan adalah seorang mahasiswa yang mengambil jurusan IT/SI mungkin perintah untuk membuat kalkulator ini pasti akan anda temukan pada saat praktikum.tidak sulit memang untuk membuat kalkulator asal kita tau kodingan apa yang digunakan untuk menambahkan,kurang,kali,bagi dll saya akan menjelaskan secara sederhana agar mudah dipahami.

pertama-tama setelah membuka visual basic pilih standart exe,kemudian setelah muncul form buatlah form seperti ini :  


terdiri dari 3 text dan 6 command button.text 1 dan 2 untuk memasukan angka yang akan dihitung sedangkan text 3 untuk memunculkan angka hasil penghitungan.6 command button yaitu, untuk penjumlahan,pengurangan,perkalian,pembagian dan perpangkatan dan untuk menghapus.

kemudian masukan koding seperti ini :



gambar diatas adalah koding beserta penjelasan logikanya,cukup mudah bukan ? saya tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar karena telah dikemas secara sederhana.ya selamat mencoba !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar