Rabu, 24 November 2010

bahan renungan...

halo agan-agan semua kali ini ane cuma mau share aja,apa yang ane tulis disini adalah fabel yang dicuplik dari Bits & pieces.selamat merenung...

teriakanmu itu ....

     serombongan katak baru saja usai bersenang-senang disebuah rawa. lelah berbecek-becek, bersama-sama mereka menyelusuri belantara semak disekitar rawa. kadang tawa mereka pecah mengiri lompatan-lompatan lucu yang silih berganti mereka lakukan.namun mendadak suasana berubah heboh - oaalaaaah, salah satu dari katak itu terjeblos kedalam lubang yang lumayan dalam.
     "aduh apa yang bisa kita lakukan ?  lubangnya dalam sekali " jerit seekor katak di tepi lubang.teman-temannya ikut menjerit tak kalah histeris. sementara katak yang terjeblos awalnya celingak-celinguk seperti kebingungan,kemudian berinisiatif untuk melompat keluar dari lubang itu.ya sekuat tenaga katak malang itu melompat,satu,dua kali,tiga kali,empat kali belum juga berhasil.
     dibibir lubang sejumlah katak masih terus berteriak histeris "sudah hentikan usahamu kawan,kau tidak akan berhasil ! " katak yang lain pun berteriak dengan senada " kawan jangan melompat lagi nanti kau bisa mati kehabisan tenaga ! " "ya lubangnya terlalu dalam ! ".  atau yang lebih parah.. " pasrah saja teman kau takan bisa melompat setinggi itu " tapi katak yang terperangkap cuek saja dan terus melompat dan melompat.
    sampai akhirnya,huuooopp, satu lompatan terbaik berhasil menggapai tepi lubang. buru-buru,kawan-kawannya menarik keempat kaki si katak bermental baja itu. " terimakasih atas teriakan-teriakan kalian yang menyemangati aku" kata si katak dengan nafas yang terengah-engah.
     " hah ? terimakasih ? kamu tidak dengar apa yang kami teriakan ? " sambut temannya.
     " tidak,pendengaranku agak terganggu,dari bawah sana aku hanya bisa mendengar samar-samar . tapi aku yakin kalian pasti sedang menyemangati agar aku tidak berhenti berusaha dan melompat lebih tinggi,tak bisa kubayangkan bila kalian berteriak sebaliknya dan berputus asa pasti aku akan terjebak selamanya di bawah sana" jawab si katak. jawaban yang membuat semua katak yang ada disiru merasa haru,tertegun sekaligus malu.

sepenggal kisah tersebut setidaknya menyiratkan , teriakan-teriakan memang mengalirkan energi. teriakan yang baik bisa menyemangati orang lain. sebaliknya teriakan yang buruk dapat membuat orang lain  makin terpuruk. hati-hatilah saat berteriak !

 




    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar